Tuesday, January 1, 2019

15 TRIK SUKSES BELAJAR BIOLOGI UNTUK SISWA SMP DAN SMA


Berikut kami sajikan beberapa tips sukses buat kamu kamu yang merasa kesulitan belajar mata pelajaran Biologi, jika dijalankan secara berurutan kesuksesan menantimu, perlahan-lahan karena semua tidak ada yang instan, butuh proses menuju keberhasilan. Yuk simak baik baik...

  1. Mata Pelajaran Biologi sebagian besar materinya adalah teori, maka sering-seringlah membaca. Semakin sering membaca kalian akan semakin hafal, seperti hafalnya kalian pada rute jalan menuju ke sekolah karena setiap hari kalian melaluinya.
  2. Karena di biologi banyak istilah yang mengguanakan bahasa asing (latin) dan seringkali sulit untuk mengingat/menghafalkan, maka buatlah semacam kartu istilah biologi. Kartu dengan ukurang kecil yang mudah dibawa/dimasukkan ke dalam saku. Setiap kartu memuat beberapa istilah. Sering-seringlah membaca kartu, di setiap kesempatan. Semakin sering dibaca, semakin lebih cepat hafal.
  3. Membuat kartu skema/siklus/daur/proses-proses yang terjadi di biologi, seperti siklus metamorphosis, metagenesis, siklus hidup hewan-hewan avertebrata, dll. Sering-seringlah membacanya.
  4. Menghafalkan istilah-istilah biologi di setiap aktivitas. Seperti, ketika di dapur, sedang membantu memasak, sambil memotong sayur juga sambil menghafalkan nama ilmiahnya, ketika kalian makan, sambil mengingat, enzim apa sajakah yang bekerja di mulut, lambung, usus halus, dll.
  5. Memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan bahwa kalian sudah mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan sudah memahaminya. Jika ada bagian dari peta konsep yang belum kalian pahami, segera tanyakan atau minta penjelasan kembali dari guru/orang yang kalian perkirakan bisa membantu.
  6. Gunakan imajinasi kalian untuk memahami setiap materinya. Usahakan untuk setiap hal yang dipelajari kalian bisa melihatnya dalam bentuk gambar, model, atau benda aslinya, karena ilmu biologi adalah ilmu yang riil, bukan imajiner.
  7. Amati apa saja yang terjadi pada tubuh kalian, dan juga lingkungan sekitar kalian, karena penerapan ilmu biologi bisa diamati dalam tubuh kalian, dari materi yang paling kecil (DNA) hingga keseluruhan kehidupan di permukaan bumi (biosfer).
  8. Seluruh kegiatan kalian dari bangun tidur sampai tidur kembali, ketika tubuh kalian bergerak, beraktivitas, dan berpikir, pelajari itu sebagai bagian dari ilmu biologi, kaitkan dengan materi pelajaran biologi. Semakin kalian menemukan banyak pertanyaan dari apa yang terjadi pada tubuh kalian, itu awal dari sebuah kepandaian. Cari segera jawabannya, dengan membaca atau bertanya kepada orang yang lebih tahu.
  9. Lingkungan tempat tinggal kalian : lingkungan rumah, halaman, pemandangan sepanjang jalan yang kalian lalui, tempat-tempat baru yang kalian kunjungi, dari yang dekat sampai yang paling jauh, disana kalian akan menemukan berbagai jenis makhluk hidup yang beraneka ragam. Rekam dengan baik apa yang kalian amati dalam memori otak kalian, dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang besar, cari tahu dan tanyakan segala sesuatu yang baru dan menarik perhatian kalian, kemudian lihat dan pikirkanlah bahwa seluruh makhluk hidup di permukaan bumi terbingkai dalam sebuah jarring-jaring kehidupan yang sempurna.
  10. Melakukan percobaan/eksperimen atau observasi dengan sesuatu yang sederhana tentang hal-hal yang ada di sekitar kalian, seperti : mengamati perkecambahan biji tanaman, arah gerakan batang tanaman, titik tumbuh tanaman, dll.
  11. Manfaatkan fasilitas Lab IPA/Lab Biologi seoptimal mungkin. Usahakan kalian mengenal dan memahami betul model, alat peraga, semua alat dan bahan serta petunjuk penggunaannya. Mintalah petunjuk guru/laboran dalam penggunaanya.
  12. Memiliki dan membaca buku referensi yang cukup, akan lebih baik jika buku referensinya banyak memuat gambar-gambar yang akan memudahkan memahami materi pelajaran.
  13. Mengerjakan soal-soal di buku latihan soal yang khusus (Lembar Kerja Siswa, Buku Kerja Siswa, Buku Kumpulan Soal, dll.)
  14. Menyaksikan video/film/media audio visual lain yang berkaitan dengan biologi. Bisa membeli/meminjam. Untuk memperkaya pengetahuan tentang ilmu biologi dan agar bisa lebih hafal dengan istilah-istilahnya dan lebih paham tentang kandungan materinya, baca dan pelajari biografi singkat dari tokoh-tokoh/ilmuwan di bidang biologi.
  15. Jika kalian merasa sudah belajar sungguh-sungguh namun belum menunjukkan hasil seperti yang diharapkan, baca kembali biografi tokoh/ilmuwan di atas. Mereka menjadi ilmuwan dan nama mereka dikenang sepanjang zaman karena mereka pantang menyerah di tengah kegagalan. Diterimanya mereka di dunia science memerlukan banyak pengorbanan dan waktu yang tidak singkat. Kalau mereka bisa, pastinya kalian juga bisa.
  16. Melaksanakan setiap point di atas dengan penuh kesungguhan.


MENUJU KESUKSESAN BUTUH PROSES, BUKAN TAKDIR. KESUKSESAN DATANG DENGAN USAHA KERAS. SALAM SUKSES...

1 comment:

  1. Best online slots for US players at Mr. Dollar
    Play over 200 online slot 전라남도 출장샵 machines for 김제 출장안마 free 오산 출장마사지 or for 평택 출장마사지 real money 세종특별자치 출장마사지 at Mr. Dollar casino. Best Mr. Dollar online slots 2021 with bonus offers, latest promos,

    ReplyDelete

TIPS SUKSES JUALAN DITIKTOK BAGI PEMULA

Hallo para pemula yang ingin berjualan di tiktok. berikut beberapa tips cara sukses berjualan di TikTok: Pilih produk yang tepat. Hal Apa Ya...