Tuesday, January 1, 2019

TIPS SUKSES BELAJAR IPA (BIOLOGI, FISIKA, KIMIA) UNTUK SISWA SMP


TIPS SUKSES BELAJAR IPA (BIOLOGI, FISIKA, KIMIA) UNTUK SISWA SMP

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang terdiri atas Biologi, Fisika, dan Kimia adalah pelajaran yang menarik karena ketiganya meliputi segala sesuatu yang ada di sekitar kita, mulai bagian yang paling kecil (partikel penyusun atom) hingga yang paling besar (alam semesta). Sebagian besar siswa mengatakan bahwa untuk bisa mempelajari ilmu ini perlu kecerdasan yang lebih. Benarkah demikian? Jawabannya bisa YA, dan bisa juga TIDAK. Saimak Ulasan Berikut Ini!!!
Secara umum, kendala yang dihadapi oleh siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam untu tingkat SMP antara lain :
  1. Tidak suka dengan pelajarannya.
  2. Sulit memahami/menangkap materi pelajaran yang diberikan.
  3. Tidak cocok dengan gurunya (di kelas), baik personalnya maupun cara mengajarnya.
  4. Tidak memiliki buku pendukung (referensi) yang memadai.
  5. Malas dan jenuh belajar.
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, beberapa tips berikut bisa dicoba oleh kalian agar masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan baik. Berikut ini tipsnya, semoga bermanfaat dan sukses :
1.  Awali segala sesuatu dengan niat yang baik, apalagi belajar Suka ataupun tidak dengan pelajarannya, niatkan bahwa kalian akan belajar dan berharap mendapatkan manfaat dari ilmu yang akan dipelajari.
2.     Membuat target belajar. Jika kalian suka dengan pelajarannya, buatlah target yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, jika kalian tidak suka dengan pelajarannya, buat target kalian bisa melalui setiap tahap/ujian dengan baik, buat target nilai lulus, jangan sampai hanya karena mata pelajaran yang tidak disuka langkah kalian ke depan untuk meraih cita-cita menjadi terhambat.
3.        Menerima (dengan ikhlas) guru yang mengajar di kelas, siapapun guru tersebut.
4.        Menjalin komunikasi yang baik dengan guru di kelas. Bersikap baik dan menghormati guru.
5.      Tidak malu untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas berkaitan dengan materi pelajaran. Jika memungkinkan, tanyakan di dalam kelas, namun jika tidak memungkinkan tanyakan di luar kelas.
6.        Mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru dengan sungguh-sungguh.
7.      Tidak menyimpan rasa benci terhadap guru yang mengajar di kelas, karena hal ini bisa menjadi awal kegagalan kalian. Jika sampai hal ini terjadi, segera komunikasikan/sampaikan permasalahan ini kepada pihak/orang yang sanggup membantu memecahkan persoalan kalian. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut, usahakan untuk segera menemukan solusi dari masalah ini.
8.      Jika belum bisa menerima guru yang mengajar di kelas (tidak cocok dengan guru di kelas), meski telah berusaha, cari alternatif lain untuk belajar, seperti mencari guru lain di bimbingan belajar, memanggil guru privat atau guru lain yang kalian inginkan. Carilah guru yang membuat kalian merasa nyaman dalam belajar.
9.   Jika memiliki masalah-masalah dalam belajar, catat dalam buku/catatan khusus, kemudian tanyakan pada guru/orang yang dianggap bisa membantu mengatasi masalah kalian dengan baik.
10.  Memiliki buku referensi yang cukup untuk belajar. Semakin beragam buku referensinya, akan semakin baik. Milikilah dalam jumlah yang cukup (tidak terlalu banyak) agar lebih mudah dalam mempelajarinya.
11.    Jika buku referensi yang dimiliki masih kurang sementara keadaan ekonomi tak memungkinkan, meminjam pada kakak kelas, tetangga, famili adalah langkah yang baik.
12.    Memiliki buku catatan pelajaran yang rapi dan mudah dibaca.
13.    Pilihlah teman yang bisa membuat kalian lebih baik dalam belajar, teman yang rajin, pintar dan baik lebih utama dijadikan teman dibandingkan teman yang malas dan tidak serius dalam belajar.
14.    Membentuk kelompok belajar dengan teman dalam bentuk kelompok kecil, saling berbagi ilmu dan membangun persaingan yang sehat dalam belajar.
15.    Jika kalian ketinggalan pelajaran (karena sakit atau karena alasan yang lain), segera mencari tahu materi pelajaran yang telah diajarkan. Jangan tunggu disuruh, tetapi aktiflah mencari tahu, bisa melalui teman atau guru.
16.    Setiap pelajaran memerlukan konsentrasi untuk bisa menerima materi dengan baik, karena itu di dalam kelas pilihlah tempat duduk yang nyaman untuk belajar.
17.  Jika timbul rasa malas dalam belajar, segera kembalikan pada tujuan kalian belajar. Untuk menjadi orang yang berhasil, pantaskah memelihara rasa malas?
18.    Jika kalian merasa jenuh/bosan dalam belajar, selingi kegiatan belajar dengan hal-hal yang dapat membuat rileks dan santai agar tidak selalu tegang dan kaku, seperti menjalankan hobi yang disukai dan hiburan lain yang bersifat refreshing.
19.    Mengkonsumsi makanan sehat yang mendukung stamina tubuh sehingga dapat belajar dengan baik.

Cobalah mulai perlahan, semua butuh proses untuk menjadi sukses.


SALAM SUKSES, MASA DEPAN ADA DITANGANMU SENDIRI

No comments:

Post a Comment

TIPS SUKSES JUALAN DITIKTOK BAGI PEMULA

Hallo para pemula yang ingin berjualan di tiktok. berikut beberapa tips cara sukses berjualan di TikTok: Pilih produk yang tepat. Hal Apa Ya...